Quantum Reading

Judul               : Quantum Reading

Pengarang       :  Hernowo

Tahun              : 2005

Cetakan           : V

Tebal buku      : 215

Penerbit           : MCL

Kota terbit       : Bandung

Bab 1

Konsep Baru Membaca Buku

AMBAK adalah Apa manfaanya bagiku? Dalam buku ini yang dimaksut adalah manfaat membaca buku. Untuk mencari manfaat kita harus mengetahui kegiatan membaca. Kegiatan membaca adalah kegiatan yang melibatkan banyak hal berkaitan dengan membaca.ada 7 konsep kegiatan membaca ala Tony Buzan

  1. pengenalan
  2. peleburan
  3. intra-intergrasi
  4. ekstra- intergrasi
  5. penyimpanan
  6. pengingatan
  7. pengomunikasian

Manfaat khusus dari kegiatan membaca adalah bahwa orang yang rajin membaca buku dapat terhindar dari kerusakan jaringan otak. Bahkan penelitian itu menyatakan bahwa membaca buku dapat membantu seseorang untuk menumbuhkan saraf-saraf baru di otak. Beberapa manfaat tentang membaca

  • membaca menambah kosakata dan pengetahuan akan tatabahasa dan sintaksis. Membaca memperkenalkan kita pada banyak ungkapan kreatif.
  • Banyaknya buku atau artikel membantu kita menyelami peraasan dan hubungan kita dfengan orang lain
  • Membaca memicu imajinasi. Buku yang baik mengajak kita membayangkan dunia beserta isinya.

Kegiatan membaca buku memang melibatkan banyak aspek: to think (berpikir), to feel (merasakan), dan juga to act (bertindak melaksanakan hal-hal yang baik dan bermanfaat sebagaimana yang dianurkan oleh sebuah buku).

Sugesti positif adalah mengisi pikiran-pikiran dengan sesuatu yang akan berbuah sukses, sesuatu yang kita inginkan dan harapan mewujut nyata di dalam diri kita setelah melakukan sesuatu.kekuatan sugesti sangatlah penting dalam belajar kita dapat melakukan sesuatu dengan baik , jika berpikir bahwa kita mampu melakukanya.

Kata paradikma dan presepsi sangat penting dalam kita mau berubah. Seringkali kita mempunyai paradikma bahwa ”buku membuat kita ngantuk”. Jika kita ingin mengubah paradikma tersebut, kita harus mengubah diri kita sendiri. Untuk mengubah diri kita secara efektif, kita harus mengubah paradikma atau presepsi kita. Baru kemudian langkahkan kaki anda ke wilayah pengubahan paradikma dalam hal membaca buku.

Sebagian orang memiliki gaya belaar yang dominan, pembelajaran ” muli-indriawi” adalah peluang terbesar bagi kesuksesan belajar. Pembelajaran multi-indriawi secara sengaja melibatkan semua indra dalam belajar.

Inti dari pembelajaran multi-indriawi adalah

  • Membaca dan memvisualkan bahanya (ini berarti sudah melihatnya)
  • Membaca fakta kunci keras-keras, mengaukan pertanyaan, dan menawabnya (ini berarti sudah mendengarnya)
  • Menuliskan pokok masalah pada kartu dan menyusunnyadalam urutan logis (berarti sudah melakukannya)

Memanfaatkan imajinasi ketika membaca. Imainasi merupakan kemampuan menciptakan gagasan atau gambaran mental dalam pikiran anda.imajinasi di perlukan untuk memecahkan kalimat-kalimat yang memerlukan penggambaran atau visualisasi. Ada kekeuatan dahsyat di dalam diri kita. Pertama, self-anwareness (kesadaran diri, kedua, conscience (hati nurani), ketiga, independent will (kehendak bebas atau kemampuan untuk memilih), dan keempat, imagination (daya imainasi)

Memaksimalkan daya ingat ketika membaca dengan cara strategi melejitkan daya ingat :

  1. Sikap atau keyakinan positif
  2. Pengamatan yang cermat
  3. Pertimbangan konteks
  4. Prinsip AAT (awal, akhir, dan tengah)
  5. Berupaya untuk aktif
  6. Kelompokan
  7. Libatkan emosi
  8. Cari umpan balik

Peta pikiran dapat membantu kita untuk mengalirkan secara sangat-sangat bebas apa pun yang kita simpan di dalam pikiran dan perasaan kita.penggunaan teknik peta-pikiran dapat mempertaam dan mempercanggih proses ”pengikatan” yang kita lakuakan enggunaan teknik ini akan membuat kegiatan membaca. Berlatih menggunakan peta-ikiran ketika membaca adalah salah satu bentuk latihan yang paling baik

Manfaat peta-pikiran

  1. Untuk menulis secar kreatif
  2. Untuk mengelola ”jaringan” pekeraan
  3. Untuk menuangkan ide secara bebas (brainstorming)
  4. untuk menjadikan rapat-rapat lebih produktif
  5. Untuk menyusun daftar tugas
  6. Untuk melakukan presentansi secara komprehensif
  7. Untuk melalukan pencatatan secara efektif
  8. Untuk membantu proses pengengembangan diri

BAB 2

Teknik Baru Membaca Buku

Membaca cepat  adalah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk keperluan membaca  sekilas dan biasanya mencegah kita bosan.strategi seperti ini biasanya bermanfaat atau perlu untuk teks ilmiah atau matematika yang sulit. Tujuan yang berbeda membutuhkan kecepatan membaca yang berbeda. Kita membaca bukan untuk melihat setiap kata, melainkan untuk memahami makna materinya.

Cara membaca super gaya accerated learning:

  1. Ciptakan gambar keseluruhan dan ambil gagasan inti buku.
  2. Lihat sekilas bahan-bahan yang ada di buku tersebut.
  3. Buatlah sketsa mengenai hal-hal yang kita ketahui
  4. Siapkanlah pertanyaan
  5. Bacalah secara cepat teks yang ada di setiap bab
  6. Tinjaulah kembali apa yang pernah di baca secara cepat
  7. Buatlah catatan.
  8. Ulangi pembacaan.

Belajar berdasarkan aktifitas (BBA) berarti bergerak aktif secara fisik ketika belajar. Belajar ini jauh lebih efektif daripada presentasi, materi, dan media. Unsur –unsur dari belajar SAVI mudah dingat.

  1. Somatis          : belajar dengan bergerak dan berbuat
  2. Audiotori       : belaar dengan berbicara dan medengar
  3. Visual             : belajar dengan mengamati dan menggambarkan
  4. Intelektual      : belajar  dengsn memecahkan masalah dan merenung

Otak kita ternyata terdiri dari dua belahan tak kiri dan otak kanan. Kita menggunakan otak kanan ketika membaca buku:

  1. Semangat
  2. Spontannitas
  3. Emosi
  4. Warna
  5. Imajinasi
  6. Gairah
    1. ada unsur baru
    2. kegembiraan.

    Kita juga perlu memanfaatkan tak kiri kita dengan membalik kegiatan membaca buku dan kita yakin dapat menggunakan otak kanan lebih dahulu, dapat membangun paradikma baru membaca. Kita telah terlalu lama didominasi otak kiri saat menjalankan kegiatan tertentu, termasuk membaca buku.

    Kiat membaca buku secara cepat

    1. Pastikan dahulu informasi apayang dicari
    2. Letakkan buku anda sajauh 50 cm dari mata
    3. Gerakan telunjuk anda ke bawAh ditengaah2 halaman denganlipat di atas ujung jari
    4. Gerakan jari dengan cepat sehingga anda tidak punya waktu untyuk berhenti pada setiap huruf.

    Resensi buku dengan cara yang muda kita pahami, adalah suatu paparan ringkasan tentang manfaat sebuah buku. Lewat resensi buku , seseorang dapat mengenali manfaat buku szecara cepat. Resensi buku bisa adi ringkasan buku yang terdiri atas ratusan halaman menjadi hanya dua halaman.

    Teknik asyik merensensi buku

    • Cutting dan Glueing

      Merupakan teknik yang paling sederhana dalam membuat resnsi. Apabila seseorang rajin berlatih dengan teknik ini. Maka dia dapat meningkatkan penulisan resensinya dengan menggunakan teknik ke dua.

      • Focusing

        Teknik ini berkaitan dengan kegiatan memusatkan perhatian kepada satu komponen saja yang menarik disajikan oleh sebuah buku.

        • Comparing

          Teknik ini mengajak seorang peresensi untuk melakukan perbandingan.caranya dengan tidak hanya membaca satu buku saja. Selain buku yang ingin diresensi, membaca setidaknya lebih dari dua kali.

          Hasil resensi yang berasal dari penggunaan teknik ketiga ini akan lebih memperkaya pembaca resensi buku tersebut.

          Tinggalkan Balasan

          Please log in using one of these methods to post your comment:

          Logo WordPress.com

          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

          Gambar Twitter

          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

          Foto Facebook

          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

          Foto Google+

          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

          Connecting to %s